Kurikulum Satuan Pendidikan TA 2025/2026

Visi Sekolah

"Berbudi Pekerti Luhur, Berprestasi, Religius, Disiplin, dan Berwawasan Lingkungan /Adiwiyata" (B2RDA) Visi ini bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, mempersiapkan peserta didik menghadapi perkembangan dan tantangan masa depan, termasuk pengaruh globalisasi, perkembangan IPTEK, dan kecenderungan bersikap santai.

Tujuan Sekolah


Tujuan akhir dari Kurikulum Satuan Pendidikan adalah meningkatnya kualitas pembelajaran dan meningkatnya potensi siswa di bidang akademik dan non akademik.

  • Mampu mengintegrasikan nilai-nilai budi pekerti luhur di sekolah dengan memiliki karakter dan budi pekerti luhur tinggi.
  • Mampu menunjukkan sebagai sekolah berprestasi di lingkungan kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, dan di tingkat Provinsi dengan berbagai prestasi akademik dan nonakademik yang diperoleh.
  • Mampu menerapkan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan berbagai teknik, metode dan strategi sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman (IPTEK).
  • Mampu menciptakan insan yang taat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan memiliki sikap religius tinggi.
  • Mampu menanamkan disiplin dengan memiliki rasa disiplin tinggi.
  • Mampu menciptakan sekolah yang bersih, rindang, dan aman dengan memiliki sikap peduli terhadap pelestarian lingkungan.

Tujuan Jangka Pendek: Mampu meningkatkan sikap ramah tamah, sopan santun, dan kepedulian sosial terhadap sesama dan lingkungan hidup di sekitarnya.

Tujuan Jangka Menengah: Mampu meningkatkan rasa memiliki terhadap sesuatu yang menjadi tanggung jawabnya, serta meningkatnya rasa kebersamaan dan gotong royong.

Tujuan Jangka Panjang: Mampu meningkatkan karakter sikap jujur, berani, tanggung jawab, dan sikap kepemimpinan dalam mengemban tugas yang dibebankan.

Misi Sekolah

  • Menciptakan perilaku siswa yang berbudi pekerti luhur.
  • Menciptakan siswa yang memiliki prestasi akademik dan nonakademik.
  • Menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan.
  • Menciptakan siswa yang taat beribadah kepada Tuhan yang Maha Esa.
  • Menanamkan rasa disiplin yang kuat bagi warga sekolah.
  • Menciptakan insan yang memiliki sikap peduli terhadap lingkungan hidup.

Pengorganisasian Pembelajaran

Intrakurikuler

Kegiatan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang ditempuh peserta didik. Mata pelajaran yang diselenggarakan meliputi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, PJOK, Informatika, dan Seni Budaya (Seni Tari). Pembelajaran menekankan pada literasi dengan mengangkat nilai luhur budaya lokal dan mengacu pada tema Capaian Pembelajaran, menggunakan model seperti Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Learning, dan Inquiry Based Learning.

Ekstrakurikuler (Bakat dan Minat)

Terdiri dari ekstrakurikuler wajib (Kepramukaan) dan pilihan. Kepramukaan wajib diikuti seluruh peserta didik (kelas VII, VIII, IX) dengan alokasi 2 jam pelajaran/minggu, sebagai suplemen Pencapaian Profil Pelajar Pancasila. Ekstrakurikuler pilihan diikuti oleh peserta didik kelas VII dan VIII (2 jam pelajaran/minggu), bersifat dinamis sesuai bakat dan minat peserta didik, seperti Olimpiade Sains (Matematika, IPA, IPS), Latihan Olah Bakat (Bola Voli, Pencak Silat, Bulu Tangkis, Sepak Bola, Atletik, Cipta/Baca Puisi, Paduan Suara/Vokal Group, Seni Tari, Seni Lukis/Desain Grafis, Seni Musik Tradisional), dan Keagamaan (Samproh/Hadroh).

Kokurikuler

Kegiatan kokurikuler dirancang untuk memperkuat dan memperdalam materi yang dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler, serta berkontribusi pada pencapaian profil lulusan yang diharapkan. Profil lulusan ini mencakup berbagai dimensi karakter dan kompetensi yang ingin dikembangkan pada siswa. Kegiatan ini meliputi: Pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu. Penguatan karakter melalui gerakan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat. Perencanaan, tim, penentuan tema, dan pengaturan waktu pembelajaran kolaboratif.

Pembiasaan Sekolah

Pengembangan karakter peserta didik melalui pembiasaan perilaku positif. Terdiri dari: Kegiatan Rutin: Berdoa, Upacara Bendera, Apel Pagi, Senam, Sholat Dhuha Berjamaah, Pemeliharaan Kebersihan Kelas, Piket Sekolah, Literasi, Kegiatan Peribadatan Nasrani. Kegiatan Spontan: Mengucapkan salam, bersikap sopan santun, membuang sampah pada tempatnya, antre, menghargai pendapat, minta izin, menolong orang lain, menyalurkan aspirasi, konsultasi guru. Kegiatan Terprogram: Class Meeting, peringatan hari besar nasional/agama, Kemah Penerimaan Tamu Penggalang, mengikuti lomba (Kompetisi Sains Nasional, Olympiade Olahraga Siswa Nasional, FLS2N, Gala Siswa, KPKS). Kegiatan Keteladanan: Berpakaian rapi, datang tepat waktu, berbahasa baik, rajin membaca.

Lampiran Penting

Kalender Pendidikan

Informasi lengkap mengenai jadwal kegiatan akademik SMP Negeri 13 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2025/2026

Modul Ajar/RPP

Contoh modul ajar atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk panduan guru.

Dokumen Rapat & Workshop

Dokumen daftar hadir, notulen rapat, dan foto kegiatan workshop penyusunan/revisi KSP.

Capaian Pembelajaran

Dokumen yang memuat capaian pembelajaran yang diharapkan dari setiap jenjang dan mata pelajaran.

Jadwal Pelajaran

Jadwal lengkap kegiatan belajar mengajar untuk seluruh kelas di SMP Negeri 13 Muaro Jambi.

Jadwal Pelajaran

Jadwal lengkap kegiatan belajar mengajar untuk seluruh kelas di SMP Negeri 13 Muaro Jambi.

Alur Tujuan Pembelajaran

Rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis dalam satu fase pembelajaran.

Landasan Hukum

Kumpulan peraturan dan undang-undang yang menjadi dasar penyusunan kurikulum sekolah.

SK Tim Pengembang Sekolah

Surat Keputusan (SK) pembentukan Tim Pengembang Kurikulum Satuan Pendidikan.